Institute for Javanese Islam Research

laboratorium pemikiran jurusan Aqidah & Filsafat Islam - IAIN Tulungagung

Islam Jawa, Jagad Tafsir Kebudayaan

Institute Transvaluasi hadir kembali dengan tetap mengusup spirit tersebut menggugat “narasi-narasi besar” Isalam Jawa. Melihat pergumulan wacana Islam Jawa sebagai narasi yang perlu ditafsirkan lebih multi-perspektif dengan melibatkan cara pandang insider.

institute transvaluasi share fb

Institute berkesempatan menghadirkan dua orang ilmuwan muda yang berkompeten dalam kajian ini: [1] Dr. Islah Gusmian, M.Ag (IAIN Surakarta), dan; [2] Yanwar Pribadi (UIN Banten). Kedua ilmuwan telah membuktikan diri dalam berbagai karya mereka melakukan upaya-upaya pengayaan tafsir atas narasi besar Islam Jawa. Islah Gusmian sangat konsen pada persoalan manuskrip Nusantara. Sementara Yanwar Pribadi melihat rembesan identitas Islam Jawa dalam sub-kultur yang lebih sempit yakni budaya Madura. Berpijak pada keahlian tersebut, Islah Gusmian diharapkan memberikan ceramah yang berdaya tentang corak dan identitas Islam Jawa dalam manuskrip Nusantara. Sementara itu, Yanwar Pribadi diharapkan memberikan ceramah tentang identitas Islam Jawa dalam sub-kultur Madura.

Atas berbagai pertimbangan, pelaksanaan ceramah ilmiah dan kebudayaan putaran III dan IV dijadikan satu. Tema yang diangkat dalam putara III dan IV ini adalah “Islam Jawa, Jagad Tafsir Kebudayaan” dengan nara sumber dan tema sebagaimana bisa dibaca pada tabel.

Penceramah Tema Hari/Tanggal
Dr. Islah Gusmian, M.Ag [IAIN Surakarta] Corak dan Identitas Islam Jawa dalam Manuskrip Nusantara

 

Kamis, 14 Desember 2017

 

Jam 08.30 WIB — selesai

Yanwar Pribadi [UIN Banten] Identitas Islam Jawa dalam Sub-Kultur Madura

 

Institute for Javanese Islam Research
Jurusan Aqidah & Filsafat Islam
Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah
IAIN Tulungagung
Jl. Mayor Sujadi Timur 46, Tulungagung, Jawa Timur, Indonesia.
Kodepos: 66221
email: pusatkajianislamjawa@gmail.com

Frontier Theme