Institute for Javanese Islam Research

laboratorium pemikiran jurusan Aqidah & Filsafat Islam - IAIN Tulungagung

Seminar Kebangsaan untuk Generasi Milenial

Seminar KebangsaanSaya menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada mahasiswa Jurusan Aqidah dan Filsafat Islam, IAIN Tulungagung, termasuk segenap jaringan alumni.

Seminar Kebangsaan bertajuk ‘Saya Remaja, Saya Indonesia, Saya Pancasila’ yang dihelat pada Selasa 17 April 2018, adalah inisiatif dan karya intelektual mereka, para mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Jurusan, juga Forum Perempuan Filsafat (FPF), dan para peneliti muda di Institute for Javanese Islam Research (IJIR).

Acara seminar merupakan rangkaian dari sayembara esai dan cerpen yang kami selenggarakan untuk siswa Sekolah Menegah Atas (SMA) dan sederajat di ex-Karesidenan Kediri, meliputi wilayah Tulungagung dan Trenggalek. Sayembara ini disambut dengan antusias oleh sekolah-sekolah partner. Siswa-siswa mengirimkan esai dan cerpen mereka dengan tema sama, ‘Saya Remaja, Saya Indonesia, Saya Pancasila’.

Puluhan esai dan cerpen sudah masuk dan sedang diseleksi untuk dipilih menjadi yang terbaik. Kepada sekolah-sekolah partner kami menyampaikan 10 esai dan cerpen terbaik, akan mendapat fasilitas ‘klinik menulis’ yang kami selenggarakan dalam rangka menyambut bibit-bibit segar—para calon penulis dan peneliti yang masih duduk di bangku sekolah menengah. Satu yang terbaik di antara peserta sayembara, akan mendapatkan beasiswa gratis kuliah di IAIN.

Ini bukan sekadar kegiatan yang kami rancang untuk kepentingan jangka pendek. Para mahasiswa—dan terutama yang tergabung dalam IJIR, sangat menyadari tanggung jawab moral dan intelektual yang harus diambil untuk menjadi bagian dari kekuatan yang memupuk kebanggaan dan kecintaan pada bangsa dan negara.

Dalam irisan inilah, kami juga menyadari tentang pentingnya menjadi bagian dari kampanye moderasi Islam di tengah situasi bangsa yang sedang diterjang oleh arus fundamentalisme agama.

Rangkaian kegiatan ini lalu menjadi semacam terobosan untuk menjangkau lebih jauh—partisipasi dunia pendidikan, khususnya siswa-siswa sekolah menengah untuk mengambil bagian dari upaya menggelorakan kecintaan terhadap bangsa dan negara. Sekaligus, kecintaan pada tata kehidupan kebangsaan yang menjunjung tinggi penghormatan atas perbedaan.

IJIR selalu menegaskan diri sebagai lembaga yang ingin mengambil peran lebih besar dalam kepentingan-kepentingan tersebut. Memupuk kebanggaan terhadap bangsa, sekaligus menjadi bagian dari kampanye perdamaian dan toleransi.

Acara ini menjadi menarik karena mendapat dukungan dari komunitas Kakang dan Mbakyu Tulungagung. Komunitas ini merupakan simbol generasi muda yang kreatif dan berdaya, yang sudah seharusnya menjadi partner strategis hajatan ini. Tidak hanya itu, kalangan muda lintas agama/keyakinan juga akan menjadi bagian aktif dalam seluruh kegiatan yang kami rancang. []

 

Akhol Firdaus

Sekjur AFI dan Direktur IJIR

Institute for Javanese Islam Research
Jurusan Aqidah & Filsafat Islam
Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah
IAIN Tulungagung
Jl. Mayor Sujadi Timur 46, Tulungagung, Jawa Timur, Indonesia.
Kodepos: 66221
email: pusatkajianislamjawa@gmail.com

Frontier Theme