Institute for Javanese Islam Research

laboratorium pemikiran jurusan Aqidah & Filsafat Islam - IAIN Tulungagung

Ngaji Manuskrip dan Turats Nusantara Sudah Digelar

Institute For Javanese Islam Research (IJIR) IAIN Tulungagung menggelar pengajian. Bukan ngaji biasa, acara ini diberi nama “Ngaji Manuskrip dan Turats” lalu disingkat JIMAT Nusantara. Acara dilaksanakan pada Kamis, 22 Agustus 2019 pukul 19.00-21.00 WIB di Kantor IJIR.

Acara ini diinisiasi oleh Departemen Manuskrip Islam Jawa, sebagai perwujudan atas komitmen IJIR untuk nguri-nguri warisan para leluhur, terutama dalam bidang kajian atas manuskrip dan pengembangan tradisi turats.

Suasana Ngaji Manuskrip dan Trurats di IJIR

Suasana Ngaji Manuskrip dan Trurats di IJIR

Pada acara perdana JIMAT Nusantara, setidak diikuti oleh 35 peserta. Mereka berasal dari kalangan dosen, mahasiswa lintas Jurusan dan Program Studi, bahkan masyarakat umum. Mahasiswa yang mengikuti acara ini tidak hanya dari Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, namun juga dari Kakultas dan jurusan lain, diantaranya Manajemen Pendidikan Islam (MPI) dan Hukum Keluarga Islam (HKI). Selain itu, hadir juga mahasiswa Pascasarjana IAIN Tulungagung.

Acara dibuka dengan sambutan Akhol Firdaus atas nama Direktur IJIR. “Acara seperti ini diproyeksikan sebagai langkah awal mengembangkan tradisi turats dalam geliat akademik,” tutur Akhol. Di samping itu, Akhol Firdaus memberi apresiasi setinggi-tingginya kepada peserta yang mengikuti JIMAT Nusantara. Menurutnya, tradisi ini harus terus dilestarikan dari generasi ke generasi.

Selanjutnya, JIMAT Nusantara dipandu oleh Heru Setiawan, Staf di Departemen Manuskrip Islam Jawa, IJIR. Kitab yang digunakan mengaji kali ini adalah Kitab “Al-Ḥaqībah” karya KH. Bisri Musthofa. Layaknya tradisi ngaji di Pesantren, ngaji dilakukan dengan metode bandongan dipadukan dengan berbagai perspektif Sosiologi dan Antropologi. Inilah yang membuat seluruh proses mengaji menjadi terasa enak dan segar.

JIMAT Nusantara akan rutin diselenggarakan tiap Kamis malam dan sebagiannya akan ditayangkan di channel Youtube IJIR. Harapannya JIMAT bisa memberi warna pada perkembangan kajian atas manuskrip maupun turats. Selain ngaji kitab, Departemen Manuskrip juga menyelenggarakan Ngaji Filologi guna melengkapi khazanah kajiannya. Agenda ini bisa diakses gratis oleh semua orang. [] Bella

Institute for Javanese Islam Research
Jurusan Aqidah & Filsafat Islam
Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah
IAIN Tulungagung
Jl. Mayor Sujadi Timur 46, Tulungagung, Jawa Timur, Indonesia.
Kodepos: 66221
email: pusatkajianislamjawa@gmail.com

Frontier Theme