Manajemen Dakwah dalam Liputan Berita On Line IAIN Tulungagung

http://iain-tulungagung.ac.id/berita/974-jurusan-manajemen-dakwah-isi-ramadhan-dengan-beragam-kegiatan-dakwah

Tulungagung – Dalam bulan suci Ramadhan 1439 H ini, Jurusan Manajemen Dakwah Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Tulungagung menggelar berbagai kegiatan dakwah di berbagai tempat. Tidak hanya di Kabupaten Tulungagung tapi kegiatan tersebut juga merambah ke kawasan Kabupaten dan Kota Blitar.

Ketua Jurusan Manajemen Dakwah, Ahmad Nurcholis, saat ditemui di sela-sela kegiatannya mengatakan, bahwa kegiatan tersebut merupakan wujud layanan dari Jurusan Manajemen Dakwah bagi masyarakat. Adapun hal tersebut juga merupakan implementasi dari Tiga Pilar Manajemen Dakwah IAIN Tulungagung yang antara lain: Ahli Dakwah, Amal Sholeh dan Istiqomah.

“Sebagaimana yang kami rencanakan, ada 5 macam kegiatan yang kami laksanakan sepanjang bulan Ramadhan ini. Antara lain pondok ramadhan, safari ramadhan, talkshow di Madu TV dan Radio Perkasa FM, penerbitan bulletin edisi khusus ramadhan dan ngaji bareng”, kata Ketua Jurusan Manajemen Dakwah yang biasa disapa Doktor Ois ini.

Doktor Ois menyebutkan, untuk pondok ramadhan salah satunya dilaksanakan di SDN 05 Bago pada 28 Mei sampai dengan 2 Juni 2018. Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh siswa dari kelas 1 sampai dengan kelas 6 yang berjumlah kurang lebih 400 orang. Kegiatan tersebut diisi dengan praktek ibadah antara lain wudhu, tayamum, sholat wajib, sholat jenazah serta praktek sholat jama’ dan qoshor. Selain itu ada juga materi tentang anti-radikalisme. Adapun di setiap sisa waktu diisi dengan kegiatan tadarus dan semaan hafalan juz 30.

Selain di sekolah, pondok ramadhan juga diselenggarakan untuk masyarakat umum, salah satunya di Desa Wonorejo Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung. Kegiatan pondok ramadhan di desa tersebut diselenggarakan di Masjid Baitul Abror dan Darul Muttaqin yang mana diikuti oleh 150 peserta yang terbagi dalam tiga kategori yakni anak-anak, remaja dan orang tua.

Kegiatan pondok ramadhan di desa Wonorejo dilaksankan mulai tanggal 22 Mei sampai dengan 6 Juni. Adapun materi yang disampaikan juga seputar praktek ibadah. Namun ada satu hal yang menarik dari kegiatan pondok ramadhan yang ada di desa Wonorejo ini. Pasalnya banyak dari peserta yang berasal dari orang tua ikut pondok ramadhan dan belajar beberapa tata cara dalam ibadah. Tapi mereka cukup bersemangat dan tekun untuk belajar sampai acara selesai.

Berbagai kegiatan yang dilaksanakan oleh Jurusan Manajemen Dakwah tersebut melibatkan Dosen dan Mahasiswa. Dan dengan begitu padatnya kegiatan pihak jurusan pun mengambil inisiatif untuk mengkader juga dosen maupun mahasiswa dari jurusan lain supaya ikut menjadi mubaligh dalam rangka mengisi berbagai kegiatan selama bulan ramadhan.

Dengan adanya berbagai kegiatan yang diselenggarakan oleh Jurusan Manajemen Dakwah, apresiasi positif pun datang dari beberapa kalangan. Salah satunya dari Ketua Ta’mir Masjid Baitul Abror, Kyai Syuhada. Menurutnya dengan kegiatan tersebut IAIN Tulungagung sangat peduli dengan kebutuhan dakwah masyarakat. Sementara ada beberapa hal yang menjadi kesulitan masyarakat dalam memahami praktek ibadah.

“Dan semua kesulitan tersebut sama sekali bisa teratasi dengan kehadiran Jurusan Manajemen Dakwah IAIN Tulungagung,” kata kyai Syuhada.

Apresiasi positif juga datang dari Ta’mir Masjid Al Hidayah Kelurahan Kutoanyar Kecamatan Tulungagung, Haji Suraji pada saat kegiatan safari ramadhan. Menurutnya sudah sepantasnya Jurusan Manajemen Dakwah IAIN Tulungagung bekerja sama dengan Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama Kabupaten Tulungagung untuk bersama-sama membina masjid dan lembaga pendidikan Islam di wilayah Kabupaten Tulungagung. (humas)

 oismhs.jpg

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *