Reportase Lokakarya Artikel Ilmiah IAIN Tulungagung

Oleh : Nadia Roosmalita Sari
IMG-20180902-WA0000
IAIN Tulungagung sebagai kampus Dakwah dan Peradaban telah mengadakan kegiatan Lokakarya Klinik Penulisan Artikel Ilmiah. Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh Dosen dan pengelola jurnal ilmiah IAIN Tulungagung . Kegiatan ini bertujuan untuk menggali pengetahuan dan keterampilan dosen dalam menulis artikel ilmiah yang dipublikasikan di jurnal nasional terakreditasi dan jurnal internasional bereputasi.

Kegiatan dilaksanakan selama dua hari, Jumat dan Sabtu, tanggal 31 Agustus – 1 September 2018, di Crown Victoria hotel Tulungagung. Kegiatan dimulai pada pukul 14.00 dan dibuka oleh Bapak Rektor IAIN Tulungagung Dr. Maftukhin, M.Ag. Setelah pembukaan, dilanjutkan dengan coffe break selama 30 menit.
Acara dimulai kembali pada pukul 15.30 dengan berbagi pengalaman menembus jurnal Internasional oleh narasumber, Dr. Toto Suharto, M.Ag. Berdasarkan pengalaman narasumber, pria yang akrab disapa dengan panggilan Bapak Toto ini telah dua kali menembus jurnal Internasional terindeks Scopus dengan peringkat Q2. Berdasarkan pengalaman tersebut, Bapak Toto menyampaikan strategi-strategi dalam menyusun artikel ilmiah yang baik dan benar,serta dapat menembus jurnal internasional terindeks Scopus.Tidak terasa jam menunjukkan pukul 18.00,sesuai dengan jadwal acara dihentikan sejenak untuk Ishoma dan dilanjutkan kembali pukul 19.00.
Acara dilanjutkan kembali pada pukul 19.00 dengan klinik artikel peserta pelatihan. Peserta pelatihan yang memiliki artikel yang siap submit dicek oleh narasumber dicari celah dan kekurangannya sehingga dapat diperbaiki dan siap submit ke jurnal internasional terindeks scopus. Acara pada hari Jumat selesei pada pukul 23.00. Acara akan dilanjutkan pada hari berikutnya.
Sabtu, 1 September 2018 pukul 08.00 acara dimulai.
Kegiatan selanjutnya adalah pelatihan membuat artikel berbahasa Indonesia menjadi berbahasa Inggris secara otomatis menggunakan software tertentu serta mengecek struktur kalimat menggunakan grammarly. Kegiatan ini disambut dengan sangat antusias oleh para peserta sehingga tidak terasa kegiatan ini berakhir pada pukul 12.00 dengan foto bersama.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *