PUSAT STUDI TIMUR TENGAH

مركز دراسات الشرق الاوسط

KUNJUNGAN KERJA VIRTUAL

 

 

IMG-20210430-WA0084IMG-20210430-WA0085
Himpunan Mahasiswa Jurusan Bahasa Dan Sastra Arab

Kunjungan kerja virtual atau biasa di singkat KKV merupakan salah satu program kerja dari bidang intelektual. Pada kegiatan ini hanya dilaksanakan satu kali dalam setahun dan Alhamdulillah kegiatan KKV ini berlangsug pada tangga 10 April 2021 kemarin. Dalam kunjungan kerja virtual (KKV) ini melibatkan salah satu kampus yakni UIN Sunan Ampel Surabaya. Kegiatan ini dihadiri 53 peserta yang masing-masing merupakan anggota HMJ IAIN Tulung Agung dan juga anggota dari HMP UIN Sunan Ampel Surabaya. Tujuannya diadakan kegiatan ini yakni untuk mempererat silahturahmi antar instansi lain dan juga bertukar fikiran untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan pada HMJ masing-masing instansi.
Dimulainya kegiatan ini pada pukul 09.00 WIB sekaligus pembukaan acara yang di pandu oleh Widya Aulia Rahmadhani sebagai moderator selama berjalannya kegiatan. Setelah moderatoe membuka acara, dilanjutkan dengan beberapa sambutan-sambutan. Untuk sambutan pertama yakni sambutan kepada ketua pelaksana kegiatan Kunjugan Kerja Virtual ini yang bacakan oleh Syifa Ro’ida Zahronissa. Sambutan kedua yakni kepada masing-masing ketua dari kedua instansi yaitu Ahmad Nurullah selaku ketua himpunan mahasiswa jurusan Bahasa dan Sastra Arab IAIN TulungAgung dan Romeo Genta Gemilang selaku ketua himpunan prodi Bahasa dan Sastra Arab UIN Sunan Ampel Surabaya. Pada pukul 09.40 WIB, dilanjutkan dengan sambutan yang ketiga kepada masing-masing ketua jurusan dari kedua instansi, yakni kepada Bpk. Muhammad Khoirul Malik, Lc., M.A. selaku perwakilan dari ketua jurusan Bahasa dan Sastra Arab IAIN TulungAgung dan dilanjutkan kepada Ibu Himmatul Khoiroh, M. Pd selaku ketua jurusan Bahasa dan Sastra Arab UIN Sunan Ampel Surabaya.
Setelah peserta selesai mendengarkan dan menyimak beberapa sambutan-sambutan, maka sampailah pada inti acara yakni penyampain program kerja dari masing-masing HMJ. Penyampaian program kerja ini berlangsung pada pukul 10.00 WIB, yang dimana dimulai kepada IAIN TulungaAgung sebagai tuan rumah pada acara kali ini. Ahmad Nurullah sebagai ketua HMJ IAIN TulungAgung memulai menyampaikan bidang-bidang apa saja yang kini sedang dijalankan pada HMJ IAIN TulungAgung kemudian penyampaian selanjutnya disampaikan dari masing-masing CO terhadap apa saja program kerja yang sedang dijalankan dalam satu tahun kedepan. Begitupun sebaliknya, penyampaian bidang-bidang apa saja yang sedang dijalankannya dan tidak lupa program kerja HMP UIN Sunan Ampel Surabaya disampaikan oleh Romeo Genta Gemilang yang berkedudukan sebagai ketua HMP. Sama seperti HMJ IAIN TulungAgung, pada penyampaian selanjutnya para CO dari bidang masing-masing memberitahukan kepada seluruh anggota tentang program kerja apa saja yang sedang mereka jalankan pada periode satu tahun kedepan.
Setelah selesai sesi penyampaian program kerja, semua peserta sangat antusias terhadap presentasi tersebut. Keaktifan peserta dan rasa ingin tau pun semakin besar, hingga sampailah diwaktu diskusi atau biasa disebut Focus Group Discussion. Waktu diskusi ini sangatlah membawa pengaruh pesitif, karena kami selaku tuan rumah banyak mendapatkan ilmu-ilmu dan juga mendapatkan gambaran terhadap program kerja yang akan dijalankan kedepannya. Diskusi kali ini berjalan cukup lama yakni sekitar pukul 10.45 WIB sampai pada pukul 11.50 WIB. Setelah semua pertanyaan dari beberapa anggota terjawab maka moderator memutuskan untuk mentup acara ini. Sebelum ditutup, moderator membacakan sedikit kesimpulan pada acara hari ini dan ditutup dengan sesi pengambilan foto dengan meng-screenshot forum yang sedang terlaksana. Setelah sesi foto berakhir, satu persatu anggota mengakhirinya dengan keluar dari forum yang ada di zoom.

Updated: April 30, 2021 — 8:42 pm

Mengenal Ciri Khas Makanan Timur Tengah

Wilayah Timur Tengah sangatlah luas dan memiliki beberapa negara, bahasa, budaya dan kebiasaan yang berbeda. Namun dari perbedaan tersebut, terdapat beberapa persamaan yang mendasar khususnya pada Makanan mereka. Perbedaan dan persamaan pada makanan Timur Tengah terbentuk dari ketersedian bahan baku pada suatu wilayah.
Sumber karbohidrat : beras, gandum dan oat, Sumber protein dan nabati :daging kambing, domba, sapi onta, ayam dan ikan, Sumber mineral : kacang-kacangan (cheakpea, lentil, kacang polong, pistachios) tomat, bawang bombay, labu dan lain-lain. Bumbu jenis ramuan yang digunakan antara lain “abazir” merupakan campuran bumbu yang terdiri dari lada, pala, ketumbar, jintan, kayu manis, cengkeh dan kapulaga yang dihancurkan. Bumbu lain yang paling dominan digunakan hampir tiap masakannya adalah bawang bombay dan bawang putih. Sedangkan ramuan bumbu yang diambil dari dapur lebanon adalah campuran minyak wijen dan gandum. Adapun jenis campuran bumbu yang lain, seperti : garam masala, baharat, dan zattar.
Garam masala adalah bumbu campuran dari ketumbar, merica hitam, kayu manis, kapulaga bayleaves dan cengkeh. Baharat merupakan campuran dari bumbu pedas seperti merica, cabai dan paprika dicampur bumbu beraroma tajam seperti cengkeh, kayu manis dan pala. Sedangkan zattar terdiri dari campuran thyme, marjoram, kacang mete dan garam.

Banyak sekali fakta menarik mengenai Makanan Timur Tengah seperti berikut, Menurut sejarah, Roti pita dianggap sebagai salah satu roti tertua di dunia. Restoran asal Amerika seperti KFC dan McDonald’s menyajikan dan menyesuaikan menu mereka di Arab, seperti nasi Biryani hingga falafel. McDonald’s menyebutkan dengan McFalafel. Terong adalah sayuran yang paling banyak dikonsumsi di Timur Tengah. Bangsa Mesir kuno menggunakan ramuan fenugreek sebagai cairan pembalseman. Hari ini, fenugreek digunakan dalam masakan dan teh. Kacang fava/koro pernah dikutuk karena dianggap mengandung jiwa orang mati. Saffron adalah ramuan paling mahal di dunia, harganya bisa mencapai ratusan juta per kg.
Source : https://studylibid.com/doc/117554/definisi-masakan-timur-tengah

Updated: April 13, 2021 — 2:24 am

Bernama lengkap Nizar Tawfiq Qabbani, pria ini terlahir di Suriah 21 Maret 1923. Keluarganya dikenal sebagai pedagang. Ayahnya Taufik Kabbani adalah pemilik pabrik cokelat. Namun bakat sastranya mungkin turun dari kakeknya yang bernama Abu Khalil yang dikenal sebagai penyair, komposer dan aktor teater.

Pendidikannya ditempuh di National Scientific College School yang dimiliki oleh Ahmad Munif al-Aidi, teman ayahnya. Ia pernah juga belajar di Universitas Damaskus dengan mengambil spesifiksasi bidang hukum.

Namun bakat sastranya mungkin turun dari kakeknya yang bernama Abu Khalil yang dikenal sebagai penyair, komposer dan aktor teater. Pendidikannya ditempuh di National Scientific College School yang dimiliki oleh Ahmad Munif al-Aidi, teman ayahnya. Ketika berumur 15 tahun kakak perempuannya yang bernama Wisal melakukan tindakan bunuh diri. Penyebabnya sang kakak menolak perjodohan yang diatur oleh orangtunya.

Ia berfikir bagaimana keluarganya yang terdidik, beradab, dan tak pernah kelaparan itu tidak bisa memberikan kebebasan dan rasa tidak adil terhadap kakak perempuannya. Latar belakang ini yang menjadikannya sering menyuarakan pendapatnya tentang hak-hak perempuan melalui karya-karyanya.Nizar meninggal Pada 30 April 1998 Karena serangan Jantung saat menjalani perawatan di rumah sakit London ia pernah berkata, «Rahim yang mengajari aku puisi, yang mengajari aku berkreasi, yang mengajari aku aksara bunga melati».

Beberapa karyanya antara lain adal Qalat Li Al-Samra’ (1944), Thufulat Nahd (1948), Samia (1949), Anti Li (1950), Qashâid (1956), Habibati (1961), Al-Rasm Bi Al-Kalimat (1966), Yaumiyat Imraah La Mubaliyah (1968), Qashaid Mutawahhisyah (1970), Kitab Al-Hubb (1970) dan masih banyak lainnya.
Source : https://profilbintangdunia.blogspot.com/2018/05/biografi-nizar-qabbani-sastrawan-arab.html?m=1

Updated: March 28, 2021 — 9:01 am

Peringatan Isro’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW serta doa bersama awal perkuliahan

IMG-20210316-WA0030

Kamis, 04 Maret 2021 yang bertepatan dengan 20 Rajab 1442 H ini, mahasiswa jurusan Bahasa dan Sastra Arab IAIN Tulungagung telah sukses mengadakan agenda peringatan isro’ mi’raj Nabi Muhammad SAW, yang diisi dengan pembacaan istighosah sekaligus doa bersama untuk memulai perkuliahan semester genap tahun 2021 ini.

Acara peringatan isro’ mi’raj kali ini tentunya diadakan secara virtual melalui media google meet. Acara ini bersifat umum untuk seluruh mahasiswa BSA serta seluruh dosen BSA. Acara ini tentunya disambut dengan antusias serta positif oleh segenap dosen dan mahasiswa BSA, hal itu dibuktikan dengan adanya pasrtisipasi dari para dosen BSA yang turut serta hadir dalam acara tersebut, diantaranya ada Ustadz Mufti Rasyid, M.Pd.I., Ustadz Mochammad Faizun, S.S., M.Pd.I., Ustadzah Darisy Syafaah, M.Pd.I.

Rangkaian acara pada peringatan isro’ mi’roj tersebut diawali dengan lantunan bacaan ayat-ayat al-Qur’an yang dibacakan oleh saudari kita dari mahasiswi BSA semester 4. Selanjutnya diisi sambutan oleh Ustadz Khoirul Malik, Lc., MA. selaku kepala jurusan Bahasa dan Sastra Arab IAIN Tulungagung. Dalam sambutannya, beliau berpesan agar para mahasiswa BSA selalu menumbuhkan semangat baru dalam menjalani kegiatan perkuliahan, khususnya selama satu semester mendatang. Setelah itu, acara disambung dengan istighosah yang dipimpin oleh Ustadz Rohmat, M.Pd.I., yang mana beliau merupakan salah satu dosen jurusan BSA sekaligus sekertaris jurusan BSA. Kemudian acara dilanjut dengan untaian doa-doa oleh Ustadz Muhamad Fatoni, M.Pd.I.
Dengan adanya acara ini, tentunya kami berharap limpahan berkah, manfaat, dan semangat untuk melalui kegiatan perkuliahan selama satu semester ke depan. Semoga kegiatan perkuliahan bisa berjalan dengan lancar sampai akhir, dan mendapatkan hasil yang memuaskan di akhir semester nantinya.

Updated: March 16, 2021 — 5:17 am

SEMINAR NASIONAL “استنباط الأساليب العربية وتوظيفها لتنمية المهارات اللغوية” Merangkum Gaya Bahasa (Al Quran) dan Mempraktikkannya dalam Berbahasa Sehari-Hari

Tulungagung, Pada hari Senin 28 Oktober 2019 HMJ Bahasa dan Sastra Arab (BSA) IAIN Tulungagung telah melaksanakan kegiatan Seminar Nasional dengan tema استنباط الأساليب العربية وتوظيفها لتنمية المهارات اللغوية”. Diikuti seluruh Mahasiswa BSA dan Peserta Umum baik Intra maupun luar kampus. Selain itu, acara ini juga dihadiri oleh dosen Jurusan Bahasa dan Sastra Arab, civitas akademik di FUAD dan seluruh lembaga kampus baik HMJ di Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah (FUAD) maupun UKM yang ada di kampus IAIN Tulungagung.

Pembukaan dimulai pukul 08.00 WIB bertempat di aula Arief Mustaqim lantai 6. Dilanjutkan dengan check in seluruh peserta dan tamu undangan. Pukul 09.00-10.00 WIB pra acara penampilan ghina’ araby yang dibawakan oleh Aisyah Maimunah, kemudian dilanjutkan oleh pembacaan syair yang dilantunkan oleh Dian Nuril. Pembawa Acara dalam kegiatan ini adalah Qoni dan Najah (Mahasiswa Jurusan KPI). Acara diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Putri Rahayu, lalu menyanyikan lagu Indonesia Raya dengan intrumen dan dirijen oleh Indah Sari Risky. Selanjutnya, sambutan acara dan sekaligus pembukaan oleh Bapak Dr. Nur Kholis, M.Pd.I (selaku Wakil Dekan 2 FUAD). Penutup acara diakhir dengan do’a oleh Bapak Rohmat M.Hum (Sekretaris Jurusan BSA).

Pukul 10.00-12.00 WIB, acara Seminar Nasional dibuka oleh moderator dari dosen UIN Maliki Malang yakni Bapak Fahim Khasani Lc., M.A. yang memandu acara dengan baik dan meriah hingga peserta begitu antusias. Selanjutnya penyampaian oleh pemateri pertama oleh Dr. Nasaruddin M.Ed (Dosen BSA dari UIN Sunan Ampel Surabaya). Beliau menyampaikan beberapa materi terutama yang berkaitan dengan uslub-uslub (gaya bahasa) yang berasal dari ayat-ayat Al-Quran yang dapat digunakan dalam percakapan sehari-hari. Beliau menyampaikan mulai dari apa penyebab kita salah dan kesulitan dalam mengucapkan kosa kata berbahasa Arab hingga bagaimana mengambil gaya bahasa dari Al-Quran dengan baik dan benar. Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan penyampaian dari pemateri kedua yakni dari Bapak Muhdhor, Lc., M.Pd.I (Dosen BSA IAIN Tulungagung) yang melengkapi dengan menjelaskan apa saja yang harus dipelajari dan diketahui oleh mahasiswa BSA khususnya, dan pembelajar Bahasa Arab umumnya. Pengetahun ini berfungsi agar mahasiswa dapat menguasai komponen penting dalam belajar Bahasa Arab meliputi istima’ (mendengarkan), kalam (berbicara), kitabah (menulis), qiraah (membaca).

Sesi terakhir dari rangkaian acara ini adalah sesi tanya jawab yang berjalan dengan lancara dan baik. Sebagai informasi akhir, bahwa beberapa peserta adalah murid-murid yang berasal dari Madrasah Aliyah di Jombang dan diantaranya berhasil mendapatkan hadiah berupa 1 buah buku yang langsung diberikan oleh Bapak Nasaruddin ketika acara berlangsung. Tepat pukul 14.00 WIB, acara selesai dan semua peserta mendapat sertifikat kegiatan. ~MN

WhatsApp Image 2019-11-15 at 15.16.36 (1)

Updated: November 16, 2019 — 7:36 am

KEMAH SASTRA “Berkarya dengan Kata”

Pada Rabu tanggal 23-24 Oktober 2019 Jurusan Bahasa dan Sastra Arab (BSA) IAIN Tulungagung telah melaksanakan kegiatan Kemah Sastra dengan tema “Berkarya Dengan Kata”. Kegiatan ini diikuti Mahasiswa BSA dan seluruh peserta dari MA atau SMA sederajat se-Karisidenan Kediri dan sekitarnya dengan melibatkan para dosen BSA dan dosen dari instansi lain sebagai pemateri serta juri untuk beberapa perlombaan yang diselenggarakan oleh kegiatan Kemah Sastra.

Rangkaian kegiatan ini diawali dengan acara Pembukaan di LAB KPI IAIN TA pukul 08.00-09.00 WIB, dengan check in peserta (pengisian daftar hadir, surat kesanggupan, pembagian seminar kit, dan pengecekan perlengkapan peserta). Pukul 09.00-10.00 WIB dimulai pembukaan acara oleh Umi Sa’adatul Karimah dan Alfi Mardhiyatus Tsaniyah (selaku MC). Susunan acara pembukaan pertama pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Putri (mahasiswa BSA semester 1A), lalu menyanyikan lagu Indonesia Raya dengan intrumen dan dirijen oleh Indah Sari Risky  (mahasiswa BSA semester 5). Sambutan yang pertama oleh Ketua Pelaksana Kemah Sastra yaitu Aisyah Maimunah (mahasiswa BSA semester 3). Sambutan yang kedua dari Bapak Mufti Rasyid. MA (selaku Dosen Penanggung Jawab Kemah Sastra). Acara terakhir dengan diisi sambutan oleh Bapak Muhammad Khoirul Malik, Lc. M.A. selaku Ketua Jurusan Bahasa dan Sastra Arab sekaligus menandai ceremoni pembukaan Kemah Sastra.

Kegiatan berlanjut dengan pembagian kelompok yang dipandu oleh Muh. Nuril Faizin (seksi acara) pada pukul 10.00-11.00 WIB. Selanjutnya, pada pukul 11.00-12.00 WIB dilakukan pemberangkatan rombongan yang terdiri dari dosen pemateri, juri, panitia dan seluruh peserta ke Bumi Perkemahan Swalloh Wonorejo dengan menggunakan Bis Pariwisata Margo Mulyo. Setiba di lokasi kemah, seluruh peserta melakukan ishoma dan persiapan materi pada pukul 12.00-13.00 WIB. Pada pukul 13.00-15.00 WIB adalah penyampaian materi pertama tentang “Pentingnya Bahasa Arab” oleh Bapak Mufti Rasyid. MA, materi kedua tentang “Mengenal Sastrawan Arab” oleh Bapak Rohmat, S. Hum, M.Pd.I, materi ketiga tentang “Mengenal Budaya Arab” oleh Bapak Muhammad Khoirul Malik, Lc. M.A, dan diakhiri sesi tanya jawab dari peserta. Pada pukul 15.00-15.30, seluruh peserta melaksanakan kegiatan Sholat Ashar dan dilanjutkan persiapan Malam Sastra pada pukul 15.30-17.30 WIB. Kegiatan Malam Sastra diisi oleh penampilan tiap kelompok peserta dan dinilai para juri (M. Luqman dari IAIN Kediri, Fita Nafisa dari UNS Solo, dan Mazidatul Faizah dari UIN Maliki). Acara diakhiri dengan menyalakan api unggun untuk menambah keakraban antar panitia dan peserta.

Hari kedua dimulai pukul 04.00-08.00 yakni sholat shubuh berjamaah, bugar pagi, mencari harta karun, bersih diri dan sarapan. Sebagai penutup acara kemah sastra dipandu oleh MC Dian Nuril Fadhilah dan diadakan nobar film kontemporer tentang kartun yang menginspirasi dan kehidupan rakyat Turki yang dapat diambil nilai-nilai kehidupannya. Selepas itu pembagian hadiah untuk tiga kategori perlombaan yakni puzzle mufrodat, membuat puisi dan membacanya, serta pensi. Acara ditutup oleh Ketua Jurusan Bahasa dan Sastra Arab mulai pukul 08.00-11.00 WIB. Secara keseluruhan, kegiatan Kemah Sastra ini berlangsung lancar dan sukses. Hal ini terlihat dari antusias peserta dan kekompakan panitia yang membuat acara ini semakin meriah. Harapannya, kegiatan ini dapat membawa dampak yang positif dan kesan yang baik bagi peserta seluruhnya, khususnya dalam rangka mengenalkan Bahasa dan Sastra Arab kepada para murid-murid yang hendak melanjutkan Sekolah Menengah Atas/ Aliyah. ~MN

foto bersama - kemah sastra

Updated: November 16, 2019 — 7:31 am

PENYEBARAN MATA KULIAH PERSEMESTER JURUSAN BAHASA DAN SASTRA ARAB FAKULTAS USHULUDDIN, ADAB DAN DAKWAH IAIN TULUNGAGUNG 2018/2019

PENYEBARAN MATA KULIAH PERSEMESTER

JURUSAN BAHASA DAN SASTRA ARAB

FAKULTAS USHULUDDIN, ADAB DAN DAKWAH

IAIN TULUNGAGUNG 2018/2019

SEMESTER I

NO

KODE

MATAKULIAH

SKS

PRASYARAT

KODE

MATAKULIAH

1.        

61701

 Pendidikan Pancasila

2

 

 

2.        

61703

Bahasa Indonesia

2

 

 

3.        

60304

Studi Qur’an dan Hadits

3

 

 

4.        

60305

Studi Keislaman

3

 

 

5.        

61706

Filsafat Umum

2

 

 

6.        

60303

Pemikiran dan Peradaban Islam

2

 

 

7.        

60302

Fikih Ibadah

2

 

 

8.        

63D01

Istima’

2

 

 

9.        

63D02

Kalam

2

 

 

JUMLAH

20

 

SEMESTER II

NO

KODE

MATAKULIAH

SKS

PRASYARAT

KODE

MATAKULIAH

1.        

61702

Pendidikan Kewarganegaraan

 

2

 

 

2.

60301

Moderasi Islam

2

 

 

3.

60302

Filsafat Ilmu

2

 

 

4.

60305

Kajian Teks Arab

3

 

 

5.

60306

Kajian Teks Inggris

3

 

 

6.

63D03

Qira’ah

2

 

 

7.

63D04

Kitabah

2

 

 

8.

63D10

 Ilmu Lughah (Linguistik)

2

 

 

9.

63D15

 Nazhariyyat al-Adab (Teori Sastra)

2

 

 

JUMLAH

20

 

SEMESTER III

NO

KODE

MATAKULIAH

SKS

PRASYARAT

KODE

MATAKULIAH

1.

63D05

Nahwu

3

 

 

2.

63D06

Sharf

3

 

 

3.

63D11

‘Ilm al-Ashwat (Fonologi Arab)

3

 

 

4.

63D12

Ilm al-Dalalah (Semantik)

3

 

 

5.

63D16

Sejarah Budaya dan Sastra Arab

3

 

 

6.

63D20

Al-Nushush al-Adabiyyah al-Qadimah

2

 

 

7.

63D23

Nazhariyyah al-Tarjamah (Teori Terjemah)

2

 

 

8.

63D26

Al-Simiyaiyyah (Semiotika)

3

 

 

9.

63D27

Sosiolinguistik

2

 

 

JUMLAH

24

 

SEMESTER IV

NO

KODE

MATAKULIAH

SKS

PRASYARAT

KODE

MATAKULIAH

1.        

63D07

 ‘Ilm Balaghah

3

 

 

2.        

63D13

Fiqh al-Lughah

3

 

 

3.        

63D14

Ma’ajim (Leksikografi)

3

 

 

4.        

63D17

Al- ‘Arudh wa al-Qawafi

3

 

 

5.        

63D18

 Etnografi Arab

2

 

 

6.        

63D24

Terjemah Arab – Indonesia

3

 

 

7.        

63D30

Al-Uslubiyyah (Stilistika)

3

 

 

8.        

63D37

Manajemen Pembelajaran Bahasa Arab*

2

 

 

9.        

63D44

‘Amaliyah Al-Tadris*

2

 

 

10.     

63D38

Strategi Pembelajaran Bahasa Arab*

2

 

 

11.     

63D40

Teknologi Pembelajaran Bahasa Arab*

2

 

 

12.     

63D46

Dasar – Dasar Bisnis*

2

 

 

13.     

63D47

Manajemen Bisnis*

2

 

 

14.     

63D48

Dasar – Dasar Akuntansi*

2

 

 

15.     

63D54

Manajemen Keuangan*

2

 

 

16.     

63D56

Dasar-Dasar Jurnalistik*

2

 

 

17.     

63D57

Etika Jurnalistik*

2

 

 

18.     

63D58

Perfilman dan Drama*

2

 

 

19.     

63D62

Periklanan*

2

 

 

JUMLAH

24

 

SEMESTER V

NO

KODE

MATAKULIAH

SKS

PRASYARAT

KODE

MATAKULIAH

1.

63D08

Balaghah Lanjutan (al-Ma’ani)

3

63E07

‘Ilm Balaghah

2.

63D19

Pemikiran dan Geopolitik Timur Tengah

3

 

 

3.

63D21

Al-Adab al-Muqaran

3

 

 

4.

63D24

Terjemah Indonesia – Arab

3

 

 

5.

63D32

Al-Natsr  al-Hadits

2

 

 

6.

63D34

Metode Penelitian Bahasa

3

 

 

7.

63D36

Psikolinguistik*

2

 

 

8.

63D39

Desain Materi Pembelajaran Bahasa Arab*

2

 

 

9.

63D41

Desain Pembelajaran Bahasa Arab*

2

 

 

10

63D45

Psikologi Pembelajaran*

2

 

 

11.

63D49

Manajemen Pemasaran*

2

 

 

12.

63D50

Ekonomi Kreatif*

2

 

 

13.

63D51

Studi Kelayakan Bisnis*

2

 

 

14.

63D53

Komunikasi Bisnis*

2

 

 

15.

63D60

Teknik dan Editing Naskah*

2

 

 

16.

63D59

Kajian Media Timur Tengah*

2

 

 

17.

63D61

Teknik Produksi*

2

 

 

18.

63D63

Teori-Teori Penyiaran*

2

 

 

JUMLAH

21

 

SEMESTER VI

NO

KODE

MATAKULIAH

SKS

PRASYARAT

KODE

MATAKULIAH

1.

63D09

Balaghah Kontemporer (al-Bahts al-Balaghi wa al-Manahij al-Jadidah)

3

 

Balaghah 2 (al-Ma’ani)

2.

63D22

Al-Naqd al-Adabi (Kritik Sastra)

3

 

 

3.

63D28

Al-Tadawuliyyah (Pragmatik)

2

 

 

4.

63D29

Tahlil al-Khithab (Analisis Wacana)

3

 

 

5.

63D31

Filologi

3

 

 

6.

63D33

Al-Syi’r al-Hadits

2

 

 

7.

63D35

Metode Penelitian Sastra

3

 

 

8.

63D42

Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab*

2

 

 

9.

63D43

Pengembangan Kurikulum Bahasa Arab*

2

 

 

10.

63D52

Ekonomi Bisnis*

2

 

 

11.

63D55

Perilaku Konsumen*

2

 

 

12.

63D64

Manajemen Penyiaran*

2

 

 

13.

63D65

Public Relations*

2

 

 

JUMLAH

21

 

 

SEMESTER VII

NO

KODE

MATAKULIAH

SKS

PRASYARAT

KODE

MATAKULIAH

1.        

60307

KKN

4

 

 

2.        

60308

Magang

4

 

 

JUMLAH

8

 

SEMESTER VIII

NO

KODE

MATAKULIAH

SKS

PRASYARAT

KODE

MATAKULIAH

1.        

60309

SKRIPSI

6

 

 

JUMLAH

6

 

Catatan:

  1. Total Matakuliah yang harus diambil = 55 matakuliah, dari total 80 matakuliah yang tersajikan.
  2. Total SKS yang harus diambil = 144 sks, dengan rincian sebagai berikut:
  • Matakuliah Institut               =   14 sks
  • Matakuliah Fakultas            =   28 sks
  • Matakuliah Keprodian         = 102 sks (termasuk 10 sks untuk matakuliah kompetensi pilihan) TOTAL  = 144 sks

Keterangan Singkatan:

MPK = Wawasan Dasar (Matakuliah Institut)

MKK = Kompetensi (excellent) (Matakuliah Fakultas)

MKB = Wawasan Kompetensi (Matakuliah keprodian)

MPB = Wawasan Kepribadian

MBB = Wawasan Pendukung

SEMESTER INOKODEMATAKULIAHSKSPRASYARATKODEMATAKULIAH1.61701 Pendidikan Pancasila22.61703Bahasa Indonesia23.60304Studi Qur’an dan Hadits34.60305Studi Keislaman35.61706Filsafat Umum26.60303Pemikiran dan Peradaban Islam27.60302Fikih Ibadah28.63D01Istima’29.63D02Kalam2JUMLAH20

 

Updated: March 24, 2019 — 10:54 pm
PUSAT STUDI TIMUR TENGAH © 2018 Frontier Theme