PUSAT STUDI TIMUR TENGAH

مركز دراسات الشرق الاوسط

Bernama lengkap Nizar Tawfiq Qabbani, pria ini terlahir di Suriah 21 Maret 1923. Keluarganya dikenal sebagai pedagang. Ayahnya Taufik Kabbani adalah pemilik pabrik cokelat. Namun bakat sastranya mungkin turun dari kakeknya yang bernama Abu Khalil yang dikenal sebagai penyair, komposer dan aktor teater.

Pendidikannya ditempuh di National Scientific College School yang dimiliki oleh Ahmad Munif al-Aidi, teman ayahnya. Ia pernah juga belajar di Universitas Damaskus dengan mengambil spesifiksasi bidang hukum.

Namun bakat sastranya mungkin turun dari kakeknya yang bernama Abu Khalil yang dikenal sebagai penyair, komposer dan aktor teater. Pendidikannya ditempuh di National Scientific College School yang dimiliki oleh Ahmad Munif al-Aidi, teman ayahnya. Ketika berumur 15 tahun kakak perempuannya yang bernama Wisal melakukan tindakan bunuh diri. Penyebabnya sang kakak menolak perjodohan yang diatur oleh orangtunya.

Ia berfikir bagaimana keluarganya yang terdidik, beradab, dan tak pernah kelaparan itu tidak bisa memberikan kebebasan dan rasa tidak adil terhadap kakak perempuannya. Latar belakang ini yang menjadikannya sering menyuarakan pendapatnya tentang hak-hak perempuan melalui karya-karyanya.Nizar meninggal Pada 30 April 1998 Karena serangan Jantung saat menjalani perawatan di rumah sakit London ia pernah berkata, «Rahim yang mengajari aku puisi, yang mengajari aku berkreasi, yang mengajari aku aksara bunga melati».

Beberapa karyanya antara lain adal Qalat Li Al-Samra’ (1944), Thufulat Nahd (1948), Samia (1949), Anti Li (1950), Qashâid (1956), Habibati (1961), Al-Rasm Bi Al-Kalimat (1966), Yaumiyat Imraah La Mubaliyah (1968), Qashaid Mutawahhisyah (1970), Kitab Al-Hubb (1970) dan masih banyak lainnya.
Source : https://profilbintangdunia.blogspot.com/2018/05/biografi-nizar-qabbani-sastrawan-arab.html?m=1

Updated: March 28, 2021 — 9:01 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

PUSAT STUDI TIMUR TENGAH © 2018 Frontier Theme