PUSAT STUDI TIMUR TENGAH

مركز دراسات الشرق الاوسط

KEGIATAN WORKSHOP PUBLIC SPEAKING BAHASA DAN SASTRA ARAB 2021

ad

ax

 BERITA ACARA

KEGIATAN WORKSHOP PUBLIC SPEAKING BAHASA DAN SASTRA ARAB 2021

Kegiatan workshop adalah salah satu program kerja yang diadakan oleh himpunan mahasiswa jurusan Bahasa dan sastra arab. Kegiatan ini telah terlaksana tepatnya pada tanggal 18-19 September 2021 di Tella Caffe dengan mengambil tema Public Speaking; “Jangan Mau Jadi Gagap, Harus Bangkit Jadi Hebat”. Para panitia sepakat mengambil tema tersebut dikarenakan adanya tujuan:

  1. Menumbuhkan rasa percaya diri generasi muda khususnya mahasiswa bahasa dan sastra arabuntuk dapat berbicara di depan umum.
  2. Mengembangkan potensi mahasiswa bahasa dan sastra arab khususnya dalam bidang public speaking.
  3. Memberi wadah bagi mahasiswa khususnya bahasa dan sastra arab dalam meningkatkan kemampuan berbicara dengan mahir.

Adanya kegiatan workshop public speaking ini diikuti peserta sebanyak 75 orang, yang terdiri dari mahasiswa jurusan Bahasa dan sastra  arab itu sendiri dan menarik masyarakat umum di luar sana. Sedangkan media yang digunakan untuk menjalankan acara ini adalah dengan menggunakan Via Zoom. Adapun narasumber yang ikut berpartisipasi dalam acara ini yaitu:

  1. Makhyatul Fikriya (Education Speaker)
  2. Dimas Prakoso,  M. A (Dosen komunikasi dan penyiaran islam UIN Sayyid Ali Rahmatullah)
  3. Nita Liana,S Hum (TV Presenter dan Professional MC)

Masing-masing narasumber tersebut menjelaskan beberapa materi yang mana materi tersebut telah berhubungan dengan public speaking. Untuk narasumber yang pertama menjelaskan tentang cara mengenal diri sendiri, cara mengatasi rasa takut, tidak PD, grogi atau kondisi blank, dan tips membangun percaya diri. Sedangkan pemateri yang kedua menjelaskan tentang teknik berkomunikasi yang baik, cara bersikap dan berbicara saat didepan kelompok usia, tips menghadapi kendala-kendala saat berbicara didepan public. Dan untuk narasumber yang terakhir menjelaskan materi mengenai vokal berbicara agar menghidupkan suasana, teknik mengambil hati para audiens, teknik pembuka yang menarik, proses penulisan hingga pemeraktekan.

Sedangkan untuk panitia acara yang mensukseskan kegiatan ini memilih untuk bekerja secara offline di lokasi Tella Caffe, sedangkanpeserta dan narasumber di haruskan online untuk menghindari adanya keramaian ditengah pandemi. Kegiatan ini dimulai pada pukul 08.00-14.00 WIB yang dimana setiap waktunya dipenuhi dengan acara-acara lain, seperti pembacaan kalam ilahi, sambutan-sambutan, dan dilanjutkan dengan kegiatan inti yakni seminar public speaking. Bagian penutupan acara, para peserta diharuskan untuk mengirim hasil resume yang sudah dijelaskan oleh narasumber sebelumnya, setelah itu peserta yang mengikuti kegiatan workshop public speaking ini akan mendapatkan sertifikat sebagai benefit yang dijanjikan.

Updated: October 27, 2021 — 4:28 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

PUSAT STUDI TIMUR TENGAH © 2018 Frontier Theme