PUSAT STUDI TIMUR TENGAH

مركز دراسات الشرق الاوسط

KEMAH SASTRA “Berkarya dengan Kata”

Pada Rabu tanggal 23-24 Oktober 2019 Jurusan Bahasa dan Sastra Arab (BSA) IAIN Tulungagung telah melaksanakan kegiatan Kemah Sastra dengan tema “Berkarya Dengan Kata”. Kegiatan ini diikuti Mahasiswa BSA dan seluruh peserta dari MA atau SMA sederajat se-Karisidenan Kediri dan sekitarnya dengan melibatkan para dosen BSA dan dosen dari instansi lain sebagai pemateri serta juri untuk beberapa perlombaan yang diselenggarakan oleh kegiatan Kemah Sastra.

Rangkaian kegiatan ini diawali dengan acara Pembukaan di LAB KPI IAIN TA pukul 08.00-09.00 WIB, dengan check in peserta (pengisian daftar hadir, surat kesanggupan, pembagian seminar kit, dan pengecekan perlengkapan peserta). Pukul 09.00-10.00 WIB dimulai pembukaan acara oleh Umi Sa’adatul Karimah dan Alfi Mardhiyatus Tsaniyah (selaku MC). Susunan acara pembukaan pertama pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Putri (mahasiswa BSA semester 1A), lalu menyanyikan lagu Indonesia Raya dengan intrumen dan dirijen oleh Indah Sari Risky  (mahasiswa BSA semester 5). Sambutan yang pertama oleh Ketua Pelaksana Kemah Sastra yaitu Aisyah Maimunah (mahasiswa BSA semester 3). Sambutan yang kedua dari Bapak Mufti Rasyid. MA (selaku Dosen Penanggung Jawab Kemah Sastra). Acara terakhir dengan diisi sambutan oleh Bapak Muhammad Khoirul Malik, Lc. M.A. selaku Ketua Jurusan Bahasa dan Sastra Arab sekaligus menandai ceremoni pembukaan Kemah Sastra.

Kegiatan berlanjut dengan pembagian kelompok yang dipandu oleh Muh. Nuril Faizin (seksi acara) pada pukul 10.00-11.00 WIB. Selanjutnya, pada pukul 11.00-12.00 WIB dilakukan pemberangkatan rombongan yang terdiri dari dosen pemateri, juri, panitia dan seluruh peserta ke Bumi Perkemahan Swalloh Wonorejo dengan menggunakan Bis Pariwisata Margo Mulyo. Setiba di lokasi kemah, seluruh peserta melakukan ishoma dan persiapan materi pada pukul 12.00-13.00 WIB. Pada pukul 13.00-15.00 WIB adalah penyampaian materi pertama tentang “Pentingnya Bahasa Arab” oleh Bapak Mufti Rasyid. MA, materi kedua tentang “Mengenal Sastrawan Arab” oleh Bapak Rohmat, S. Hum, M.Pd.I, materi ketiga tentang “Mengenal Budaya Arab” oleh Bapak Muhammad Khoirul Malik, Lc. M.A, dan diakhiri sesi tanya jawab dari peserta. Pada pukul 15.00-15.30, seluruh peserta melaksanakan kegiatan Sholat Ashar dan dilanjutkan persiapan Malam Sastra pada pukul 15.30-17.30 WIB. Kegiatan Malam Sastra diisi oleh penampilan tiap kelompok peserta dan dinilai para juri (M. Luqman dari IAIN Kediri, Fita Nafisa dari UNS Solo, dan Mazidatul Faizah dari UIN Maliki). Acara diakhiri dengan menyalakan api unggun untuk menambah keakraban antar panitia dan peserta.

Hari kedua dimulai pukul 04.00-08.00 yakni sholat shubuh berjamaah, bugar pagi, mencari harta karun, bersih diri dan sarapan. Sebagai penutup acara kemah sastra dipandu oleh MC Dian Nuril Fadhilah dan diadakan nobar film kontemporer tentang kartun yang menginspirasi dan kehidupan rakyat Turki yang dapat diambil nilai-nilai kehidupannya. Selepas itu pembagian hadiah untuk tiga kategori perlombaan yakni puzzle mufrodat, membuat puisi dan membacanya, serta pensi. Acara ditutup oleh Ketua Jurusan Bahasa dan Sastra Arab mulai pukul 08.00-11.00 WIB. Secara keseluruhan, kegiatan Kemah Sastra ini berlangsung lancar dan sukses. Hal ini terlihat dari antusias peserta dan kekompakan panitia yang membuat acara ini semakin meriah. Harapannya, kegiatan ini dapat membawa dampak yang positif dan kesan yang baik bagi peserta seluruhnya, khususnya dalam rangka mengenalkan Bahasa dan Sastra Arab kepada para murid-murid yang hendak melanjutkan Sekolah Menengah Atas/ Aliyah. ~MN

foto bersama - kemah sastra

Updated: November 16, 2019 — 7:31 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

PUSAT STUDI TIMUR TENGAH © 2018 Frontier Theme