PUSAT STUDI TIMUR TENGAH

مركز دراسات الشرق الاوسط

Mengenal Ciri Khas Makanan Timur Tengah

Wilayah Timur Tengah sangatlah luas dan memiliki beberapa negara, bahasa, budaya dan kebiasaan yang berbeda. Namun dari perbedaan tersebut, terdapat beberapa persamaan yang mendasar khususnya pada Makanan mereka. Perbedaan dan persamaan pada makanan Timur Tengah terbentuk dari ketersedian bahan baku pada suatu wilayah.
Sumber karbohidrat : beras, gandum dan oat, Sumber protein dan nabati :daging kambing, domba, sapi onta, ayam dan ikan, Sumber mineral : kacang-kacangan (cheakpea, lentil, kacang polong, pistachios) tomat, bawang bombay, labu dan lain-lain. Bumbu jenis ramuan yang digunakan antara lain “abazir” merupakan campuran bumbu yang terdiri dari lada, pala, ketumbar, jintan, kayu manis, cengkeh dan kapulaga yang dihancurkan. Bumbu lain yang paling dominan digunakan hampir tiap masakannya adalah bawang bombay dan bawang putih. Sedangkan ramuan bumbu yang diambil dari dapur lebanon adalah campuran minyak wijen dan gandum. Adapun jenis campuran bumbu yang lain, seperti : garam masala, baharat, dan zattar.
Garam masala adalah bumbu campuran dari ketumbar, merica hitam, kayu manis, kapulaga bayleaves dan cengkeh. Baharat merupakan campuran dari bumbu pedas seperti merica, cabai dan paprika dicampur bumbu beraroma tajam seperti cengkeh, kayu manis dan pala. Sedangkan zattar terdiri dari campuran thyme, marjoram, kacang mete dan garam.

Banyak sekali fakta menarik mengenai Makanan Timur Tengah seperti berikut, Menurut sejarah, Roti pita dianggap sebagai salah satu roti tertua di dunia. Restoran asal Amerika seperti KFC dan McDonald’s menyajikan dan menyesuaikan menu mereka di Arab, seperti nasi Biryani hingga falafel. McDonald’s menyebutkan dengan McFalafel. Terong adalah sayuran yang paling banyak dikonsumsi di Timur Tengah. Bangsa Mesir kuno menggunakan ramuan fenugreek sebagai cairan pembalseman. Hari ini, fenugreek digunakan dalam masakan dan teh. Kacang fava/koro pernah dikutuk karena dianggap mengandung jiwa orang mati. Saffron adalah ramuan paling mahal di dunia, harganya bisa mencapai ratusan juta per kg.
Source : https://studylibid.com/doc/117554/definisi-masakan-timur-tengah

Updated: April 13, 2021 — 2:24 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

PUSAT STUDI TIMUR TENGAH © 2018 Frontier Theme