PUSAT STUDI TIMUR TENGAH

مركز دراسات الشرق الاوسط

TANABBAH BAHASA DAN SASTRA ARAB 2021

2 3WhatsApp Image 2021-10-03 at 08.40.54

BERITA ACARA

TANABBAH BSA 2021

Kegiatan Tanabbah adalah salah satu program kerja yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Arab. Kegiatan ini telah terlaksana tepatnya pada hari Sabtu-Ahad, 02-03 Oktober 2021 di Kampung Tani, dengan mengambil tema طَالِبُ الأَدَبِ إنْسَانِيْ وَمُعْتَدِلُ  Mahasiswa Sastra Yang Humanis dan Moderat. Para panitia sepakat mengambil tema tersebut dikarenakan adanya tujuan:

  1. Syi’ar Prodi Bahasa dan Sastra Arab, memperkenalkan Prodi Bahasa dan Sastra Arab (BSA) khususnya dan mengenalkan Institut Agama Islam Negeri Tulungagung kepada para mahasiswa baru  bahasa dan sastra arab.
  2. Meningkatkan intelektual dalam penguasaan berbahasa asing (Arab).
  3. Menumbuhkan dan mengembangkan kecintaan dalam berbahasa Arab.
  4. Sebagai sarana silaturrahmi antar sesama mahasiswa bahasa Arab.
  5. Menumbuhkan jiwa kemanusiaan dan moderat terhadapat mahasiswa Bahasa dan Sastra Arab.

Adanya kegiatan Tanabbah dan Makrab ini diikuti peserta sebanyak 30 orang, yang terdiri dari mahasiswa jurusan Bahasa dan sastra arab itu sendiri. Sedangkan media yang digunakan untuk menjalankan acara ini adalah dengan menggunakan Gogle meet. Adapun narasumber yang ikut berpartisipasi dalam acara ini yaitu:

  1. Muhammad Khoirul Malik, Lc., M.A, Selaku Ketua Jurusan Bahasa dan Sastra Arab yang membantu menyampaikan dan mengenalkan Jurusan Bahasa dan Sastra Arab.
    1. Syarifah Annajyah, Selaku mahasiswa Bahasa dan Sastra Arab sekaligus Ketua SEMA-F UIN SATU yang mana membantu teman-teman untuk mengenali dunia dalam kampus, keorganisasian dalam kampus dan lain-lain.
    2. Dan beberapa ketua HMJ BSA dari setiap angkatan sebelumnya, yang mana menjelaskan mengenai HMJ itu sendiri serta beberapa organisasi yang ada di jurusan Bahasa dan Sastra Arab.

            Sedangkan untuk panitia acara yang mensukseskan kegiatan ini memilih untuk bekerja secara offline di lokasi Kampung Tani, begitupun para peserta di haruskan offline, Kegiatan ini dimulai pada pukul 07.00 sd/ selesai yang dimana setiap waktunya dipenuhi dengan acara-acara lain, seperti pembacaan kalam ilahi, sambutan-sambutan, dan dilanjutkan dengan kegiatan inti yakni Tanabbah dan Makrab. Kegiatan diawali dengan check in peserta, kemudian pada acara pembukaan TANABBAH DAN MAKRAB, Ketua pelaksana menyampaikan sambutan, begitu pula dengan Ketua Umum HMJ BSA. Setelah itu dilanjut dengan materi pertama yang dinarasumberi oleh Ketua Jurusan Bahasa dan Sastra Arab. Pada materi pertama, tentu membahas tentang wawasan kejurusan, yang mana setiap mahasiswa jurusan Bahasa dan Sastra Arab harus bisa mengenal jurusannya sendiri. Materi kedua dipaparkan oleh Mahasiswa BSA sendiri, yaitu Kak Syarifah Annajiyah yang membahas tentang antropologi Kampus. Selain harus mengenal jurusan, mahasiswa juga harus mengenal kampus yang lebih dalam lagi.

            Pukul 13.00 acara dilanjutkan dengan lomba-lomba pengembangan bahasa, misalnya Ghina’ Araby, qiraatus Syiir, dan Khitobah yang mana mempunyai tujuan untuk melihat bakat dan minat mahasiswa baru Bahasa dan Sastra Arab, kemudian dikemudian hari akan dikembangkan oleh divisi Pemngembangan Bahasa HMJ BSA. Pada puncak acara yaitu Sarasehan pada pukul 19.00 semua mahasiswa baru BSA berkumpul di Aula guna menyimak dan mendengarkan apa yang disampaikan oleh para senior HMJ BSA. Dan dilanjut dengan acara Pensi yang telah disiapkan oleh Mahasiswa Baru BSA sampai pada pukul 22.00. di hari kedua, yaitu Ahad 03 Oktober 2021 diawali dengan bugar jasmani yang dipandu oleh Panitia kegiatan tersebut, dan dilanjut dengan dengan outbond. Semua mahasiswa BSA sangat antusias dalam kegiatan ini, karena semua kelompok harus membuktikan kekompakannya masing-masing. Bagian penutupan acara, para peserta diharuskan untuk mengirim hasil resume yang sudah dijelaskan oleh narasumber sebelumnya, setelah itu peserta yang mengikuti kegiatan Tanabbah dan Makrab ini akan mendapatkan sertifikat sebagai benefit yang dijanjikan.

Updated: October 27, 2021 — 4:22 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

PUSAT STUDI TIMUR TENGAH © 2018 Frontier Theme