LAUNCHING RED-C (RESEARCH AND EDUCATION DEVELOPMENT CENTER) FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI TULUNGAGUNG

launching

Hari Rabu (28/03/2018) pukul 14.00 WIB, secara resmi Pusat Studi dan Pengembangan Pendidikan (Research and Education Development Center) atau yang dikenal dengan nama RED-C, secara resmi dideklarasikan sebagai lembaga yang berada di luar struktur Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Tulungagung, yang melayani kajian, pengembangan, penelitian dan publikasi di bidang pendidikan dan terapan.

gong

RED-C secara langsung dilaunching oleh Rektor IAIN Tulungagung, Dr. H. Maftukhin, M.Ag. yang ditandai dengan pemukulan “gong” dan penyerahan Profil RED-C dari Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Tulungagung kepada Rektor IAIN Tulungagung, sekaligus pembukaan kegiatan STUDIUM GENERALE FTIK IAIN Tulungagung dengan narasumber Prof. Tatsuya Ueki dari Hiroshima University, Japan. RED-C sebagai rujukan dalam kajian, penelitian, dan pengembangan pendidikan di Indonesia yang didukung dengan sumberdaya manusianya, sangat percaya diri menjadi sebuah lembaga yang besar dan eksis sesuai dengan visi dan misinya.

RED-C mempunyai visi “sebagai rujukan dalam kajian, penelitian dan pengembangan pendidikan di Indonesia”. Adapun misi yang dijalankan oleh RED-C adalah: (1) Melakukan pelatihan yang berkaitan dengan pendidikan dan teknologi terapan, (2) Melakukan pengembangan yang terkait dengan produk-produk pendidikan dan teknologi terapan, (3) Menyelenggarakan penelitian pendidikan, terapan, dan pengembangan kelembagaan, (4) Menyebarkan gagasan yang berkaitan dengan pelatihan, penelitian dan pengembangan pendidikan, terapan dan kelembagaan melalui penerbitan publikasi dan dokumentasi, (5) Mengembangkan forum ilmiah dan diskusi-diskusi ilmiah dalam perspektif pendidikan dan teknologi terapan, serta (6) Membangun jejaring untuk mewujudkan penguatan pendidikan dan teknologi terapan.

RED-C yang dipandegani seorang direktur memiliki dua divisi yaitu (1) Divisi pelatihan dan pengembangan, serta (2) Divisi riset dan publikasi. Bidang kajian yang dikelola oleh RED-C meliputi Pendidikan Islam, Sains dan Teknologi, serta Sosial Humaniora. RED-C dengan rencana program kerja sampai tahun 2029 diharapkan menjadi pusat rujukan dalam pelatihan, pengembangan, penelitian dan publikasi baik skala nasional dan internasional. Lahirnya RED-C menjadi eksistensi IAIN sebagai kampus dakwah dan peradaban di bidang pendidikan dan terapan.

bareng

 

DO’A UNTUK LAHIRNYA RED-C

IAIN Tulungagung Kampus Dakwah dan Peradaban

Wadah Intelektual Mengkaji Al-Qur’an dan Fenomena Alam

Melahirkan Teori dan Ilmu Terapan

Untuk Peradaban Hari Ini dan Masa Depan

Hari Ini RED-C Deklarasi

Menjadi Wadah Pengembangan Potensi Akademi

Menjawab Tantangan dan Ekspektasi

Media Mengabdi Membangun Negeri

RED-C Wadah Para Intelektual

Mewujudkan Potensi Menjadi Aktual

Melakukan Studi Problem Faktual

Mengembangkan Pendidikan Berdaya Saing Global

Launching RED-C Dihadiri Profesor Luar Negeri

Menjadi Saksi Lahirnya Forum Diskusi

Dari RED-C Lahir Karya Akademisi

Memberi Kontribusi Untuk Dignity Berbasis Islami

Aamiin Ya Rabbal Alamin…

(Tim RED-C)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>