PEMBELAJARAN BERBASIS RISET SEBAGAI PONDASI MENUJU RESEARCH UNIVERSITY

 

Penulis: Gaguk Resbiantoro, S.Si, M.Pd.
(Pengurus RED-C bidang Sains dan Teknologi)

Efisiensi proses riset dan pembelajaran di perguruan tinggi riset (research university) harus benar-benar diperhatikan. Artinya, bagaimana fokus dharma riset yang dijalankan perguruan tinggi mampu bersinergi dalam menunjang proses pembelajaran. Ketika dharma riset serta pendidikan dan pengajaran mampu bersinergi, maka tugas dosen akan lebih efisien. Hasil temuan riset atau tinjauan-tinjauan pustaka yang dilakukan dosen menjadi bahan dalam proses pembelajaran. Hal tersebut akan membantu dosen dalam mematangkan risetnya sekaligus menjadi pembelajaran bagi mahasiswa dalam merencanakan dan melaksanakan riset yang baik. Sinergitas keduanya inilah yang menjadi kerangka pengembangan perguruan tinggi riset.

Pembelajaran berbasis riset menggunakan beberapa strategi dalam integrasi riset di dalam perkuliahan. Strategi tersebut telah diimplementasikan di Griffith University Australia, yaitu: 1) memperkaya bahan ajar dengan hasil riset dosen, 2) menggunakan temuan-temuan riset mutakhir, 3) memperkaya kegiatan pembelajaran dengan isu-isu riset kontemporer, 4) mengajarkan materi metodologi riset di dalam proses pembelajaran, 5) memperkaya proses pembelajaran dengan kegiatan riset dalam skala kecil, 6) memperkaya proses pembelajaran dengan melibatkan peserta didik dalam kegiatan riset institusi, 7) memperkaya proses pembelajaran dengan mendorong peserta didik agar merasa menjadi bagian dari budaya riset di fakultas/jurusan, 8) memperkaya proses pembelajaran dengan nilai-nilai yang harus dimiliki oleh peneliti.

Model dan implementasi PBR dalam perkuliahan dilakukan dengan menerapkan beberapa strategi dengan tiga tahapan. Tahap pertama dan kedua adalah integrasi riset dalam perkuliahan yaitu pengembangan wawasan riset dan produk riset perkuliahan. Tahap ketiga adalah langkah percepatan menuju perguruan tinggi riset yaitu dengan pengembangan riset lanjut dari tahap pertama dan kedua. Produk pengembangan riset lanjut ini diharapkan mampu menjadi bahan ajar dalam perkuliahan. PBR diharapkan menjadikan perguruan tinggi benar-benar hadir sebagai lembaga akademik yang menghasilkan teori dan teknologi, dengan secara penuh melibatkan para dosen maupun mahasiswa dalam inisiasi, perancangan, pengkajian, penyimpulan, validasi, dan bahkan publikasi.

Untuk selengkapnya baca di RED-C_Pembelajaran Berbasis Riset Sebagai Pondasi Menuju PT Riset

 

Profil Penulis

GAGUK BARU 2-1

Penulis adalah pengurus Red-C bidang Sains dan Teknologi. Pria putra asli Tulungagung ini adalah pakar Fisika. Setelah menamatkan pendidikannya di S1 Jurusan Fisika Fakultas MIPA Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya,  beliau melanjutkan pendidikan di S2 Jurusan Pendidikan Sains Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Biasa dipanggil Gaguk, pria ini juga sebagai dosen jurusan Tadris Fisika FTIK-IAIN Tulungagung sekaligus pembina olimpiade Fisika serta pelatih robotika. Berbagai karyanya banyak bermunculan di media sosial tentang pembelajaran fisika online. Penulis dapat dihubungi melalui email gaguk.resbiantoro@gmail.com.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>