PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS ETNOMATEMATIKA

Umy Zahroh, Ph.D
(Bendahara RED-C)
umyzahroh@gmail.com

 

Etnomatematika merupakan pendekatan yang digunakan untuk pembelajaran matematika dengan media budaya yang ada disekitar siswa. Pembelajaran matematika di kelas terkesan formal, kurang inovasi dan kurang kontekstual. Sehingga siswa kurang memahami makna, manfaat matematika dan jauh dari konteks nyata dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu diperlukan pendekatan yang tepat dalam proses pembelajaran untuk menyajikan matematika yang dekat dengan kehidupan siswa, agar siswa memiliki motivasi yang tinggi dalam belajar matematika.

Penulis mencoba mengkaji media budaya untuk pembelajaran matematika yaitu budaya permainan tradisional dakon, rumah adat jawa, dan kubah masjid. Dalam permainan dakon mampu merepresentasikan bentuk lingkaran, berhitung, mengasah berpikir anak. Sedangkan budaya bangunan rumah adat jawa, atap rumah mempunyai bentuk geometri bangun datar yaitu persegi panjang, trapesium, segitiga sama kaki, dan bangun yang simetri. Demikian juga kubah masjid dapat mengenalkan bangun geometri antara lain: lingkaran, bola, bujursangkar, segiempat, segitiga dan cara menghitungnya. Sehingga matematika yang diberikan di sekolah dapat diintegrasikan dengan etnomatematika yang mampu memberikan gambaran bahwa permainan dakon, rumah adat jawa dan kubah masjid terkandung konsep-konsep matematika.

Baca selengkapnya di RED-C_Penerapan Pembelajaran Etnomatematika

Profil Penulis

UMY FOTO WORD-1

Penulis adalah ahli di bidang Pendidikan Matematika. Beliau adalah bendahara di RED-C sekaligus Ketua Jurusan Tadris Kimia dan dosen di jurusan Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Tulungagung. Pendidikan doktoralnya telah ditempuh di jurusan Pendidikan Matematika Universitas Pendidikan Sultan Idris (UPSI) Malaysia. (Tim RED-C)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>