RAPAT PERDANA PENGELOLA RED-C

SAMBUTAN DEKAN

Setelah tanggal 28 Maret 2018 RED-C  diresmikan oleh Rektor IAIN Tulungagung, pada Jum’at (6/04/2018) pengelola RED-C mengadakan rapat perdana dalam rangka pemantapan program kerja, baik dalam jangka pendek, menengah, maupun jangka panjang. Rapat dimulai pukul 13.00 WIB yang diawali dengan pengarahan oleh Dekan FTIK-IAIN Tulungagung, Dr. Hj. Binti M’aunah, M.Pd.I. Dekan FTIK menyampaikan pesan agar segera ditindaklanjuti program-program yang ada di RED-C dan fakultas mendukung semua program yang ada.

Acara berikutnya adalah paparan program RED-C yang disampaikan oleh direktur RED-C, Sutopo, M.Pd. Sutopo menjelaskan bahwa, RED-C mempunyai dua divisi yaitu divisi pelatihan dan pengembangan serta divisi riset dan publikasi, dimana masing-masing divisi meliputi tiga bidang, yaitu bidang pendidikan Islam, sains dan teknologi serta sosial humaniora. Program yang ada di dalam masing-masing divisi mengacu pada target internal dan eksternal. Target internal ditujukan kepada mahasiswa, dosen maupun tenaga kependidikan, sedangkan target eksternal ditujukan kepada stakeholder maupun pemangku kebijakan melalui kerjasama dengan RED-C.

Sutopo juga menjelaskan bahwa, untuk jangka pendek yang perlu ditekankan adalah penguatan sumber daya manusia. Penguatan sumber daya manusia ini meliputi pengelola sendiri, dosen dan mahasiswa. Salah satu penguatan sumber daya manusia adalah dalam hal menulis. Selain peningkatan kualitas dan kuantitas menulis bagi dosen dan mahasiswa, RED-C juga merencanakan mengadakan pelatihan pengelolaan blog, web dan teknologi informasi. Dengan pelatihan ini diharapkan peserta lebih terampil dalam mengelola blog dan web baik blog individu maupun blog jurusan. Hal ini penting mengingat saat ini publikasi secara on line sangat dibutuhkan. Selanjutnya pelatihan penulisan karya ilmiah bagi mahasiswa magang akan segera dilakukan mengingat pentingnya karya-karya mahasiswa di dunia luar. Sedangkan program eksternal akan direncanakan melalui pengenalan RED-C di dunia luar serta melakukan kerjasama dengan beberapa pihak. Selain itu akan dilakukan pemetaan untuk daerah-daerah binaan.

 SAMBUTAN DIREKTUR

DISKUSIDISKUSI

Acara dilanjutkan dengan diskusi dari masing-masing divisi. Guna menindaklanjuti program-program yang ada, maka masing-masing divisi akan mempersiapkan beberapa upaya. Divisi pelatihan dan pengembangan serta divisi riset dan publikasi akan melakukan meta analysis tentang data-data terkait pendidikan di Indonesia. Dengan meta analysis ini diharapkan dapat menjadi data base bagi pelaksanaan program-program yang ada di RED-C. Rapat berakhir pukul 15.00 WIB yang ditutup dengan do’a semoga RED-C semakin jaya, dan menjadi lembaga rujukan pendidikan berbasis riset. Aamiin. (Tim RED-C)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>