DISKUSI ILMIAH DAN PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI MENDELEY DALAM PENULISAN KARYA ILMIAH: KOLABORASI RED-C DAN JURUSAN TADRIS IPS

BENI 2

Pada hari Senin (9/4/2018), RED-C berkolaborasi dengan jurusan Tadris IPS Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Tulungagung mengadakan diskusi ilmiah dan pelatihan penggunaan aplikasi Mendeley dalam Penulisan Karya Ilmiah. Beni Asyhar, M.Pd. perwakilan dari RED-C Divisi Pelatihan dan Pengembangan memberikan pelatihan tentang aplikasi Mendeley, sedangkan dari Jurusan Tadris IPS oleh Kajur Tadris IPS (Ummu Sholihah, M.Si) memberi materi tentang karya ilmiah. Peserta diskusi dan pelatihan adalah mahasiswa dari berbagai jurusan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Tulungagung dengan jumlah sekitar 250 mahasiswa. Acara dimulai pukul 08.00 – 12.00 WIB.

Mendeley adalah sebuah perangkat lunak yang  diilhami oleh sebuah upaya untuk mengintegrasikan “citation & reference manager” ke dalam sebuah jejaring sosial. Dengan jejaring semacam ini, peneliti di berbagai belahan dunia dapat berkolaborasi dan melakukan sharing data penelitian. Mendeley dapat diaplikasikan pada MS Windows, dapat menampilkan metadata dari sebuah file PDF secara otomatis, dapat membackup dan sinkronisasi data dari beberapa komputer dengan akun online, smart filtering dan tagging, impor dokumen dari makalah penelitian dari situs-situs eksternal, fitur jejaring sosial, iPhone maupun iPad app. Selain itu, pengaturan dan menajeman file hasil download sangat mudah dilakukan dan proses instalnya juga sangat mudah, kata Beni.

BENI 1

Beni juga mempraktekkan cara menginstal aplikasi Mendeley serta mempraktekkan aplikasi Mendeley ini yang diikuti oleh peserta. Saat ini Mendeley merupakan salah satu aplikasi wajib buat para mahasiswa, khususnya bagi mereka yang sedang menulis artikel ilmiah, jurnal, ataupun skripsi. Mendeley akan membantu dalam penyisipan, penulisan, dan pemformatan sitase atau citation. Melalui pelatihan ini diharapkan mahasiswa di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Tulungagung akan semakin siap dalam penulisan karya ilmiah. Aamiin. (Tim RED-C)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>