HASIL DEKSRIPSI DATA PENDAFTAR MAHASISWA MAGANG

Pendaftaran mahasiswa magang dibuka selama tiga hari, tepatnya tanggal 8 s/d 10 April 2018. Selama tiga hari tersebut sejumlah 195 mahasiswa telah mendaftarkan dirinya untuk magang di pusat studi RED-C. Dari ke-195 mahasiswa tersebut, 193 dari mahasiswa FTIK dan ada 2 mahasiswa dari fakultas lain, yaitu dari FASIH (satu mahasiswa jurusan HES dan satu mahasiswa jurusan HTN). Berdasarkan persyaratan yang telah ditentukan, bahwa salah satu syarat adalah mahasiswa jurusan FTIK, maka kedua mahasiswa tersebut secara otomatis tidak dapat mengikuti magang di RED-C, sehingga total keseluruhan adalah 193 mahasiswa dari ke-12 jurusan di FTIK.

Banyaknya jumlah pendaftar dengan kurun waktu yang hanya 3 hari, menunjukkan bahwa animo mahasiswa sangat tinggi terhadap keberadaan pusat studi RED-C ini. Berikut adalah data deskriptif jumlah mahasiswa magang berdasarkan jurusan dan bidang yang diminati. Jurusan yang ada di FTIK sebanyak 12, yaitu Pendidikan Agama Islam (PAI), Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Tadris Matematika (TMT), Tadris Bahasa Inggris (TBI), Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD), Manajemen Pendidikan Islam (PIAUD), Tadris Biologi (TBIO), Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial (TIPS), Tadris Bahasa Indonesia (BIN), Tadris Fisika (TFIS) dan Tadris Kimia (TKIM). Sedangkan bidang yang ada di RED-C adalah Pendidikan Islam, Sains dan Teknologi, serta Sosial Humaniora. Setiap mahasiswa boleh memilih lebih dari satu bidang yang diminati. Berikut adalah data mahasiswa magang berdasarkan Jurusan dan Bidang yang diminati.

Tabel 1-1

Tabel 1-2

Berdasarkan Tabel 1 dan Gambar 1 di atas menunjukkan bahwa jumlah pendaftar terbanyak adalah jurusan TMT dan paling sedikit jurusan TKIM.

Tabel 1-3

TABEL

Berdasarkan Tabel 2 dan Gambar 2, menunjukkan bahwa bidang yang paling diminati adalah bidang sains dan teknologi.

Data di atas tentunya menjadi bahan rujukan bagi RED-C untuk melaksanakan program-program yang akan dilaksanakan. (Tim RED-C).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>