RED-C BERBAGI UNTUK NEGERI

putra wilis 1

Sabtu, 12 Oktober 2019, tim Pusat Studi RED-C FTIK IAIN Tulungagung melanjutkan kegiatan penelitian sekaligus pengabdian di salah satu sekolah di lereng gunung Wilis Sendang. SMK Terpencil Putra Wilis Sedang merupakan sekolah alam dengan jurusan Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian. Dengan jumlah siswa yang minim, total sekitar 30 siswa, merupakan sekolah yang sangat membutuhkan sentuhan dan perhatian dari kita semua. Kesadaran akan pendidiakn dan keberagamaan yang minim menjadikan sekolah ini sangat membutuhkan upaya-upaya dari kita pemerhati pendidikan untuk meningkatkan kesejahteraan mereka baik lahiriah maupun batiniah.

Berada di tempat ini, kita tidak akan pernah menyangka bahwa keadaan ini terjadi di Tulungagung pada zaman milenial. Sekolah dengan jumlah siswa yang minim, fasilitas yang sangat terbatas, masih ada insan-insan yang mengabdi dengan hati. Sekolah dengan berbagai permasalahan baik sarana prasarana, pembelajaran, sosial, dan agama…mari kita bergandengan tangan untuk membantu mereka.

kondisi kelas 1

Sekolah di lereng gunung Wilis ini terdiri dari tiga jenjang pendidikan, yaitu TK, MI, dan SMK. TK mempunyai siswa sebanyak 24, MI mempunyai siswa 25, dan SMK 30 siswa. Kondisi masyarakat yang masih minim kesadaran dalam hal pendidikan, menjadikan rendahnya motivasi untuk bersekolah. Lulusan SD atau SMP sudah dianggap cukup bagus bagi masyarakat di sana. Siswi usia SMP sudah banyak yang dinikahkan oleh orang tuanya, keadaan ini tentunya sangat miris di jaman milenial ini. Dengan tekad dan keikhlasan yang kuat, pusat studi RED-C FTIK IAIN Tulungagung bertekad bergandengan tangan untuk membantu permasalahan tersebut.

ketua penelitian

Hari ini, Sabtu, 12 Agustus 2019 telah dilakukan Focus Group Discusion antara tim RED-C dan Kepala Sekolah baik TK, MI dan SMK. Dari FGD tersebut menghasilkan beberapa kesepakatan-kesepakatan untuk kemajuan pendidikan di lereng gunung Wilis ini. Semoga bermanfaat bagi kemajuan pendidikan untuk negeri ini. Aamiin. MARI BERBAGI UNTUK NEGERI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>