Logo

  • FILOSOFI LOGO RED-C

     

     logo_baru

     

    Logo RED-C terdiri dari lingkaran besar yang ber-alas, dasar atau fondasi  kitab. Lingkaran adalah salah satu bangun yang paling mudah bergerak-berputar. Lingkaran melambangkan dinamisme, yang menjadi kunci dari kemajuan intelektualisme dan peradaban Islam abad pertengahan. Putaran dan gerak dalam lingkaran RED-C melambangkan siklus yang terus berputar antara kegiatan riset dan proses produksi ilmu pengetahuan yang menjadi  hasil riset. Ada 5 komponen pembentuk logo RED-C yang menyerupai lingkaran besar. Masing-masing komponen tersebut memiliki makna sebagai berikut.

     

    No

    Gambar

    Deskripsi

    1

      Gambar kitab dalam logo RED-C menjadi asas dan fondasi dari lingkaran besar yang ada di atasnya. Kitab dalam logo RED-C memuat 2 jenis kitab, yaitu: (1) Kitab Suci (al-Qur’an dan al-Hadits), (2) Kitab karya para ulama dan para cendekiawan dalam bidang pendidikan.Gambar kitab dalam logo RED-C memiliki 3 makna: (1) Sebagai landasan dari seluruh aktifitas RED-C, sumber nilai, pedoman, dan menjadi orientasi hasil dari kerja akademik RED-C yakni kitab suci al-Qur’an dan al-Hadits. RED-C dibangun dan digerakkan oleh semangat ajaran kitab suci (afala yandhuru), dan dilaksanakan sesuai dengan petunjuk dan etika kitab suci serta diarahkan pada pencapaian visi yang telah ditunjukkan oleh kitab suci; (2) Sebagai objek kajian, yakni ayat-ayat qur’aniyah dari al-Qur’an maupun sunnah rasul serta kitab karya para ulama dan ahli dalam bidang pendidikan. Kitab dalam konteks ini merupakan sumber pengetahuan yang memerlukan eksplorasi melalui riset mendalam untuk dapat mengeluarkan maknanya dan menjadi referensi serta landasan bagi perumusan dan pengembangan teori dan praksis pendidikan; (3) Kitab juga mencerminkan visi pengemban tugas dakwah sebagaimana yang menjadi misi IAIN Tulungagung.

    2

      Gambar microscope yang membentuk garis lengkung setengah lingkaran pada sisi kiri menyerupai huruf C. Huruf C bermakna Cendekia. Hal ini bermakna bahwa RED-C merupakan wadah aktivitas para cerdik-cendekia dalam rangka memberikan sumbangsih bagi pembangunan peradaban. Microscope sendiri merupakan simbol kegiatan riset yang menjadi salah satu aktivitas kunci bagi para cendekiawan. Microscope merupakan alat yang membantu memahami detail sesuatu problem (yang kecil, komplek dan tidak nampak). Pengkajian pendidikan memerlukan perangkat riset (alat/metodologi) yang mampu membantu melaksanakan riset secara cermat. Microscope melambangkan perangkat-alat atau metodologi yang mampu menghasilkan temuan dan jawaban dari problem pendidikan.

    3

      Gambar pena klasik yang membentuk garis setengah lingkaran pada sisi kanan merupakan simbol aktivitas produksi ilmu pengetahuan, menyusun karya akademik, merumuskan karya-karya hasil riset bidang pendidikan. Pena (Qolam) menjadi media pembelajaran yang diberikan Tuhan kepada manusia (Al-Alaq). RED-C diharapkan mampu menjadi wadah pembelajaran bagi masyarakat dalam proses pemberdayaan dan pembudayaan untuk lahirnya peradaban.

    4

      Gambar semesta di tengah logo merupakan objek studi yakni fenomena semesta (ayat-ayat kauniyah) terutama yang terkait dengan problem pendidikan. Fenomena ayat Kauniyah dan Qur’aniyah menjadi objek kajian yang dilakukan secara terintegrasi dan terkoneksi. Melalui kajian lintas disiplin ilmu diharapkan mampu menghasilkan solusi komprehensif bagi lahirnya peradaban agung sebagai wujud dari pelaksanaan fungsi kekhalifahan manusia.

    5

      Gambar bola dunia di tengah semesta menunjukkan lokus peradaban yang ingin dibangun oleh RED-C yakni peradaban bumi yang dibangun diatas pilar-pilar ilmu pengetahuan dan berdasar pada nilai dan ajaran kitab suci.

     

    Makna Warna

    Logo RED-C disusun dari 3 jenis warna yang memiliki makna sebagai berikut.

    1. Hijau merupakan warna yang paling dominan, mencerminkan suasana kesejukan batin yang mampu melahirkan kedamaian. Warna hijau juga melambangkan kesejukan, cerminan dari bangunan peradaban yang tenteram dan sejahtera.
    2. Merah, mencerminkan semangat dan keberanian untuk mencoba dan menerima resiko dan tidak menyerah terhadap kegagalan. Warna merah melambangkan sikap pantang menyerah dalam mencari solusi dari setiap problem pendidikan dan berani untuk terus mencoba dalam rangka menghasilkan temuan baru dan inovasi, baik pada tataran konsep maupun praksis pendidikan.
    3. Kuning adalah warna resmi dari Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Tulungagung. Warna kuning mencerminkan suasana kerja yang penuh keceriaan dan optimisme dalam melaksanakan kerja-kerja akademik. Bekerja dengan gembira, berpikir positif terhadap semua tugas dan problem, serta memiliki harapan terhadap kesuksesan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>