Sejarah & Latar Belakang

Pusat studi dan pengembangan pendidikan (Research and Education Development Center) Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan IAIN Tulungagung atau yang lebih dikenal dengan RED-C merupakan lembaga yang bergerak dalam bidang pelatihan dan pengembangan serta riset dan publikasi ilmiah yang keberadaannya tidak masuk dalam struktur organisasi kampus. Adapun Pusat studi dan pengembangan ini dididirikan pada tanggal 28 Maret 2018 atas inisiatif pemangku kebijakan dilingkungan Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan IAIN Tulungagung. Pusat studi ini didirikan dalam rangka menjawab isu-isu yang berkembang dalam lingkup pendidikan serta dalam rangka menjawab pertanyaan pemangku kebijakan baik kepala daerah, kepala dinas, kepala sekolah atau madrasah dalam hal peran pengabdian dosen dalam pengembangan keilmuannya.

Perlu kita sadari bersama bahwa perguruan tinggi berfungsi sebagai organisasi penyedia layanan proses belajar mengajar yang keberadaannya tidak dapat dipisahkan dari masyarakat sekitar. Perguruan tinggi diselenggarakan untuk menjadi wadah pengkajian, pelatihan dan pembinaan manusia agar mampu menjawab problem kehidupan. Ketika kehidupan berubah dan berkembang seiring dengan perjalanan zaman dengan laju yang semakin cepat, maka perguruan tinggi juga dituntut untuk melakukan akselerasi dalam rangka menjawab tuntutan dan kebutuhan kehidupan. Dinamika era global dengan segala piranti dan prasyaratnya menuntut perguruan tinggi melakukan respon positif melalui inovasi strategis. Perguruan tinggi harus bekerja keras untuk dapat melahirkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang profesional sesuai dengan bidangnya, dan memiliki kemampuan berinteraksi dengan pihak lain dalam rangka memajukan pendidikan.

Interaksi dengan pihak lain agar suatu lembaga menjadi besar tentunya tidak cukup dengan berdiam diri tetapi menjalin kerjasama  atau memorandum of understanding (MOU) itulah yang sangat diperlukan. Upaya inilah yang menjadikan suatu lembaga menjadi besar dan akan eksis sesuai dengan visi dan misinya RED-C yaitu sebagai rujukan dalam kajian, penelitian dan pengembangan pendidikan di Indonesia. Tentu RED-C dengan didukung sumberdaya manusianya sangat percaya diri karena didalamnya didukung oleh dosen dosen yang bergelar profesor dan doktor serta magister.

Dalam rangka menjawab tantangan tersebut, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Tulungagung harus memperkuat kelembagaanya melalui suatu lembaga atau pusat studi pendidikan dan pengembangan yang dikelola secara profesional. Dengan adanya perdirian pusat studi diharapkan masalah-masalah ilmu pendidikan dan ilmu terapan  dapat terselesaikan. Dari latar belakang di atas, maka keberadaan Pusat Studi dan Pengembangan Pendidikan di FTIK IAIN Tulungagung sangatlah dibutuhkan sebagai wadah diskusi bagi dosen maupun mahasiswa terkait dengan pengelolaan pendidikan, pembelajaran dan riset serta layanan dengan pihak luar seperti diklat bagi guru, kepala sekolah, siswa maupun pelaksanaan riset serta kebijakan terkait dengan pendidikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>